Home KONSULTASI SYARIAH

Benarkah Orang yang Bersedekah Akan Dimudahkan Hajatnya?

55
SHARE

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Ustadz. Adakah dalil yang menyatakan bahwa orang yang bersedekah/berinfak akan dimudahkan hajatnya? Syukran.

Jawaban Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah:

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh.

Ya, orang yang bersedekah, membantu kesulitan saudaranya, maka Allah Ta’ala akan mudahkan urusan dia dan Allah Ta’ala akan jamin kebutuhannya, dan tidak akan berkurang hartanya sebab Allah Ta’ala akan menggantinya.

Nabi ﷺ bersabda:

وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya. Siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari qiyamat. (H.R. Bukhari no. 2442)

Hadits lain:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata: “Ya Allah berikanlah ganti bagi siapa yang menginfakkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata: “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (H.R. Bukhari no. 1442)

Demikian. Wallahu A’lam.