Home LAIN-LAIN AL FADHAA-IL

Kemarau, Saat Tepat Sedekah Air

39
SHARE

Diberitakan sudah 29 provinsi kekeringan. Bagi yang masih punya air, maka ini saat yang tepat sedekah terbaik: memberikan air.

عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ قَالَ
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ سَقْيُ الْمَاءِ

Dari Sa’d bin ‘Ubadah dia berkata: “Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling utama?” Beliau menjawab: “Memberi air.” (H.R. Ibnu Majah No. 3684. An Nasa’i No. 3664. Dishahihkan oleh Ibnu Hubban dan Ibnu Khuzaimah)

Memberikan air sama juga memberikan “kehidupan”, sebab kehidupan manusia baru berjalan dengan normal dengan air. Keperluan untuk masak, minum, mandi cuci kakus (MCK), dan sebagainya yang merupakan rutinitas utama manusia.

Imam Abul Hasan As Sindi Rahimahullah mengatakan, air sebagai sedekah terbaik di saat itu karena saat itu sedang kekurangan air. (Hasyiah As Sindi ‘ala Sunan An Nasa’ i, 6/255)

Ada pula yang memaknai secara tekstual, bahwa air adalah sedekah paling utama bukan karena saat itu sedang kemarau, seperti ucapan Ibnul Anbari: “Sedekahlah dengan air, karena itu adalah sedekah yang paling utama.” (Hasyiah As Sindi ‘ala Sunan Ibni Majah, 2/349)

Wa Shallallahu’ ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa Shahbihi wa Sallam.

✍ Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah