Home KONSULTASI SYARIAH

Menikah Lagi Tanpa Sepengetahuan Istri Pertama

133
SHARE

Pertanyaan:

Assalaamualaykum warahmatullah wabarakatuh
Jika menikah tanpa sepengetahuan istri pertama bagaimana hukumnya Ustadz?

Jawaban Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Semata-mata SAH, tentu sah. Sebab, rukun nikah itu adanya wali, saksi, ijab, qabul, dan dua pengantin, sedangkan mahar adalah wajib. Jika semua ini sudah terpenuhi tentu sah dan halal.

Tapi, jika yang ditanya baikkah, elokkah? Tidak baik dan tidak elok. Jika mau merenungi tujuan nikah adalah sakinah mawaddah rahmah, tentu dia tidak akan mau menyimpan bom waktu. Sebab, menikah diam-diam ibarat bom waktu atau api dalam sekam. Cepat atau lambat akan meledak dan terbakar.

Maka, sebaiknya terang-terangan ke istri pertama, pahamkan, kondisikan dan yakinkan bahwa suami tersebut memang layak dan pantas nikah lagi. Dari sisi finansial, emosional, tanggung jawab, serta kondisi spiritualitas juga bagus.

Jika ada yang bilang “Sahabat nabi nikah lagi juga diam-diam”, masalahnya adalah apakah kualitas kita sudah seperti sahabat? Apakah istri-istri zaman ini seperti zaman sahabat? Mereka lakukan itu di zaman itu, mungkin tidak masalah, para istri saat itu sudah paham dan sangat siap untuk itu. Tapi zaman sdh berubah, kita tidak sehebat para sahabat nabi, istri-istri kita pun tidak sepaham para shahabiyah. Wal hasil, kita hidup di zaman yang tidak ideal, laki-lakinya tidak ideal, wanitanya tidak ideal, maka kalkulasilah baik-baik-baik dan matang-matang, jika siap, maka lakukanlah. Semoga Allah berkahi.

Tapi, jika belum siap, masih dipaksakan, atau sekedar ikut-ikutan untuk menunjukkan “Saya juga bisa poligami”.. Maka, lebih baik urungkan untuk menghindari potensi fitnah yang lebih besar.

Wallahu A’lam