Home KONSULTASI SYARIAH

Suami Bersedekah tanpa Sepengetahuan Istri

1659
SHARE

Pertanyaan:

Assalamualaikum, Ustadz. Saya mau bertanya. Ada sepasang suami istri, mereka ingin bersedekah dengan kerabatnya. Sebelumnya mereka berdua sudah bersepakat memberi misalnya Rp 300 ribu. Tapi setelah dua hari, sedekah mereka belum diberikan kepada kerabatnya, tapi tiba-tiba suaminya menambah sedekah mereka Rp 200 ribu hingga bertambah menjadi Rp 500 ribu. Suami memberikannya tanpa sepengetahuan istrinya. Kemudian suami memberi tahu kepada istrinya bahwa sedekah mereka Rp 500 ribu, lalu istrinya terdiam, tapi dalam hatinya sedikit tidak ikhlas karena ada keperluan lain yang belum dibayar. Apakah sedekah tambahan yang Rp 200 ribu menjadi ridha apa tidak? Mohon penjelasannya.

Jawaban Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah:

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah.

Jika tambahan sedekah itu berasal dari uang suami dan suami ikhlas, maka tidak masalah. Dia berhak menggunakannya. TAPI, jangan sampai melupakan hak-hak anak dan istri.

Ada pun ketidakridhaan istri kembali kepada dirinya sendiri, sebab itu memang uang suaminya. Berbeda jika itu uang istri sendiri, maka tidak boleh suami memakainya tanpa izinnya walau untuk sedekah.

Wallahu A’lam.