Home KONSULTASI SYARIAH

Tilawah Al Qur’an tanpa Menutup Aurat

30
SHARE
Tilawah Al Qur'an Tanpa Menutup Aurat

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum, Ustadz. Bagaimana hukumnya muraja’ah tanpa memakai jilbab? Misalnya kami sedang santai-santai atau memasak, lalu ingin muraja’ah, namun dalam keadaan tidak menutup aurat. Sama halnya seperti anak kecil muraja’ah sambil bermain.

Jawaban Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah:

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh.

Membaca Al Qur’an, boleh saja walau dalam keadaan tidak memakai hijab, sebab itu bukan syarat saat membaca Al Qur’an. Hanya saja memang itu kesopanan yang seharusnya kita lakukan terhadap Al Qur’an.

Dalam Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah dikatakan:

فإنه يجوز للمرأة أن تقرأ القرآن من غير أن تضع حجاباً على رأسها. إذ لم يرد في الكتاب والسنة ما يأمرها بتغطية رأسها عند تلاوة القرآن، ولو غطته من باب كمال الأدب مع كتاب الله فيرجى لها إن شاء الله أن تثاب على ذلك

Sesungguhnya, boleh saja bagi wanita membaca Al Qur’an dalam keadaan tidak memakai hijab di kepalanya. Karena, tidak ada dalil dalam Al Qur’an dan As Sunnah yang memerintahkan demikian saat hendak membaca Al Qur’an.

Namun, memakai hijab di kepala merupakan adab seseorang bersama Al Qur’an, yang darinya dia bisa mendapatkan pahala, Insya Allah. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah no. 2379)

Demikian. Wallahu A’lam.