Home AQIDAH

Seburuk-buruknya Makhluk, Siapa Sajakah? (Bag. 3)

48
SHARE
3) Orang yang merasakan kiamat

Dalam banyak ayianyak surat, Allah Ta’ala menceritakan kedahsyatan dan kengerian peristiwa kiamat. Sangat logis jika peristiwa yang paling menyeramkan itu dialami oleh manusia-manusia yang paling buruk.

Dalam hadits disebutkan:

قَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مِنْ شِرَارِ النَّاس مَنْ تُدْرِكْهُمْ السَّاعَةُ وَهُمْ أَحْيَاءٌ

Ibnu Mas’ud mengatakan, aku mendengar Nabi ﷺ bersabda; “Manusia yang paling buruk adalah manusia yang mendapati hari kiamat ketika dia masih hidup.” (H.R. Bukhari No. 7067)

Hadits lainnya:

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا عَلَى شِرَارِ الْخَلْقِ هُمْ شَرٌّ مِنْ أَهْلِ الْجَاهِلِيَّة

Hari kiamat itu tidak akan menimpa kecuali atas makhluk yang paling buruk. Mereka lebih jahat daripada orang-orang yang hidup di masa jahiliyah.” (H.R. Muslim No. 1924)

Sedangkan kaum muslimin dan mukminin, tidak merasakan peristiwa itu. Sebagaimana hadits berikut:

إِذْ بَعَثَ اللَّهُ رِيحًا طَيِّبَةً فَتَأْخُذُهُمْ تَحْتَ آبَاطِهِمْ فَتَقْبِضُ رُوحَ كُلِّ مُؤْمِنٍ وَكُلِّ مُسْلِمٍ وَيَبْقَى شِرَارُ النَّاسِ يَتَهَارَجُونَ فِيهَا تَهَارُجَ الْحُمُرِ فَعَلَيْهِمْ تَقُومُ السَّاعَةُ

“… tiba-tiba Allah mengirim angin sepoi-sepoi lalu mencabut nyawa setiap orang mukmin dan muslim di bawah ketiak mereka, dan orang-orang yang tersisa adalah manusia-manusia buruk, mereka melakukan hubungan badan secara terang-terangan seperti keledai kawin. Maka atas mereka itulah kiamat terjadi.” (H.R. Muslim No. 2137)

Demikian. Wallahu A’lam.

(Bersambung)

✍ Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah