Home KONSULTASI SYARIAH

Beberapa Permasalahan Umrah yang Harus Diketahui Kaum Wanita

8
SHARE
Beberapa Permasalahan Umrah yang Harus Diketahui Kaum Wanita

1. Mau umrah tapi haid, bagaimana ini?

– Tetap ikut miqat bersama jamaah lain. Yang didahului oleh mandi dan berihram.

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:

الحائض إذا مرت على الميقات وهي تريد الحج أو العمرة وجب عليها أن تحرم من الميقات ولا يجوز لها تأخير الإحرام حتى تصل إلى مكة وتطهر .

Wanita haid jika melewati miqat dan dia hendak haji atau umrah, maka WAJIB baginya berihram di miqat, dan TIDAK BOLEH baginya menunda ihramnya sampai ke Makkah dan suci.

وقد دلت السنة وإجماع العلماء على أن الحيض لا ينافي الإحرام ، فتحرم المرأة وهي حائض ثم لا تؤدي العمرة حتى تطهر وتغتسل .

Hal ini ditunjukkan oleh Sunnah dan Ijma’ (konsensus) ulama, bahwa HAID tidaklah menafikan ihram, maka wanita haid hendaknya berihram lalu dia tidak umrah dulu sampai suci dan mandi. (Al Islam Su’aal wa Jawaab No. 49992)

Dalilnya:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فِي حَدِيثِ أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ حِينَ نُفِسَتْ بِذِي الْحُلَيْفَةِ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَأَمَرَهَا أَنْ تَغْتَسِلَ وَتُهِلَّ

Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu’ Anhuma, yakni terkait dengan hadits Asma binti Umais saat ia melahirkan di Dzulhulaifah [Bi’r Ali] bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan Abu Bakar Radhiallahu ‘Anhu, agar ia [Asma] mandi [untuk ihram] dan berniat Ihram. (H.R. Muslim No. 1210)

Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:

وَفِيهِ : صِحَّة إِحْرَام النُّفَسَاء وَالْحَائِض , وَاسْتِحْبَاب اِغْتِسَالهمَا لِلإِحْرَامِ اهـ .

Dalam hadits ini menunjukkan SAH-nya ihram bagi wanita nifas dan haid, dan disunnahkan bagi mereka MANDI IHRAM. (Syarh Shahih Muslim, 8/133)

Kemudian, kalau sudah suci barulah dia mandi, lalu lanjutkan umrahnya tanpa miqat lagi, jadi tinggal thawaf, sa’i, dan tahallul.

2. Bagaimana kalau Haidnya Muncul Menjelang Thawaf atau Pas Thawaf?

Dia tahan thawafnya, sampai nanti suci lalu mandi dari haidnya itu, barulah ia thawaf setelah mandi dari haidnya.

Dalilnya, Aisyah Radhiallahu ‘Anha berkata:

فَقَدِمْتُ مَكَّةَ وَأَنَا حَائِضٌ لَمْ أَطُفْ بِالْبَيْتِ وَلَا بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ فَشَكَوْتُ ذَلِكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ انْقُضِي رَأْسَكِ وَامْتَشِطِي وَأَهِلِّي بِالْحَجِّ وَدَعِي الْعُمْرَةَ

Setibanya aku di Makkah, kebetulan aku haid, sehingga aku tidak thawaf di Baitullah dan tidak sa’i antara Shafa dan Marwa. Hal itu kulaporkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka beliau pun bersabda: “Lepas sanggulmu dan bersisirlah. Kemudian teruskan ihrammu untuk haji dan tinggalkan umrah.” (H.R. Muslim No. 1211)

Dalam hadits lain:

الْحَائِضُ وَالنُّفَسَاءُ إِذَا أَتَتَا عَلَى الْوَقْتِ تَغْتَسِلَانِ وَتُحْرِمَانِ وَتَقْضِيَانِ الْمَنَاسِكَ كُلَّهَا غَيْرَ الطَّوَافِ بِالْبَيْتِ

“Wanita yang mengalami haidh atau nifas apabila mendatangi miqat maka mereka mandi dan melakukan ihram serta melaksanakan seluruh ibadah haji kecuali thawaf di Ka’bah.” (H.R. Abu Daud No.1744, shahih)

Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan:

فِي هَذَا دَلِيل عَلَى أَنَّ الْحَائِض وَالنُّفَسَاء وَالْمُحْدِث وَالْجُنُب يَصِحّ مِنْهُمْ جَمِيع أَفْعَال الْحَجّ وَأَقْوَاله وَهَيْئَاته إِلا الطَّوَاف وَرَكْعَتَيْهِ , فَيَصِحّ الْوُقُوف بِعَرَفَاتٍ وَغَيْره كَمَا ذَكَرْنَا , وَكَذَلِكَ الأَغْسَال الْمَشْرُوعَة فِي الْحَجّ تُشْرَع لِلْحَائِضِ وَغَيْرهَا مِمَّنْ ذَكَرْنَا . وَفِيهِ دَلِيل عَلَى أَنَّ الطَّوَاف لا يَصِحّ مِنْ الْحَائِض , وَهَذَا مُجْمَع عَلَيْهِ

Dalam hadits ini terdapat dalil, bahwa orang yang HAID, NIFAS, HADATS, JUNUB adalah SAH melakukan semua aktivitas haji baik perkataan dan perbuatan, KECUALI thawaf dan shalat dua rakaat (di maqam Ibrahim). SAH pula wuquf di Arafah sebagaimana yang telah kami sebutkan. Demikian juga disyariatkan mandi bagi yang haji, dan mandi bagi yang haid dan lainnya seperti yg kami sebutkan.
Dan ini menjadi dalil bahwa thawaf tidak sah bagi yang haid. Ini permasalahan yang telah disepakati ulama. (Ibid, 8/146-147)

Demikian. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

✍ Ustafz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah