Home AKHLAK & ADAB

Istilah-Istilah Penting Dalam Kajian Akhlak

817
SHARE

Oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah

1. Wara’

Imam Ibnu ‘Allan Rahimahullah:

هو عند العلماء ترك ما لا بأس به حذراً مما به بأس، وفي شرح الرسالة القشيرية للشيخ زكريا هو ترك الشبهات وهو الورع المندوب ويطلق على ترك المحرمات وهو الورع الواجب

Menurut para ulama wara’ adalah meninggalkan hal yang “tidak apa-apa” dalam rangka waspada terhadap yang “apa-apa”. Dalam Syarh Risalah al Qusyairiyah-nya Syaikh Zakariya, dijelaskan wara’ adalah meninggalkan syubhat. Itu adalah wara’ yang dianjurkan, ada pun
wara’ yang wajib adalah meninggalkan yang diharamkan secara mutlak.

(Imam Ibnu ‘Allan, Syarh Riyadh ash Shalihin, 5/27)

2. Zuhud

Imam at Tahanawi, mengutip dari As Surri As Suqthi Rahimahullah:

الزهد ترك حظوظ النفس من جميع ما في الدنيا أي لا يفرح بشيء منها ولا يحزن على فقده ولا يأخذ منها إلّا ما يعينه على طاعة ربه أو ما أمر في أخذه مع دوام الذكر والمراقبة والتفكر في الآخرة، وهذا أرفع أحوال الزهد

Zuhud adalah meninggalkan langkah-langkah keinginan jiwa dari semua isi dunia, yaitu sama sekali tidak bahagia dengan dunia dan tidak bersedih dengan kehilangannya, tidak mengambilnya kecuali apa-apa yang bisa membantunya dalam ketaatan kepada Rabbnya, atau apa-apa yang jika diambil membuatnya semakin konsisten dalam dzikir, muraqabah, dan tafakur kepada akhirat. Ini adalah kondisi tertinggi dari zuhud.

(Kasysyaaf Isthilahat al Funun wal ‘Ulum, 1/914)

Syaikh Muhammad Qal’aji Rahimahullah:

ترك ما في الدنيا ابتغاء ما عند الله من الثواب. أن يكون المرء بما عند الله أرجى منه مما هو في يده

Meninggalkan apa yang ada di dunia untuk menggapai balasan dari sisi Allah. Juga bermakna seorang yang lebih mengharap apa yang ada pada Allah dibanding apa yang ada di tangannya sendiri. (Mu’jam Lughah Al Fuqaha, Hal. 234)

3. Istiqamah

Imam Al Jurjani Rahimahullah mengatakan:

ﻫﻲ اﻟﻮﻓﺎء ﺑﺎﻟﻌﻬﻮﺩ ﻛﻠﻬﺎ، ﻭﻣﻼﺯﻣﺔ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ ﺑﺮﻋﺎﻳﺔ ﺣﺪ اﻟﺘﻮﺳﻂ ﻓﻲ ﻛﻞ اﻷﻣﻮﺭ، ﻣﻦ اﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭاﻟﺸﺮاﺏ ﻭاﻟﻠﺒﺎﺱ، ﻭﻓﻲ ﻛﻞ ﺃﻣﺮ ﺩﻳﻨﻲ ﻭﺩﻧﻴﻮﻱ، ﻓﺬﻟﻚ ﻫﻮ اﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ، ﻛﺎﻟﺼﺮاﻁ اﻟﻤﺴﺘﻘﻴﻢ ﻓﻲ اﻵﺧﺮﺓ

Yaitu pemenuhan terhadap janji semuanya, dan menetap pada jalan yang lurus dengan menjaga batasannya yang pertengahan dalam segala hal baik makanan, minuman, pakaian, dan semua perkara agama dan dunia maka itulah jalan yang lurus sebagaimana jalan yang lurus di akhirat.

الاﺳﺘﻘﺎﻣﺔ: ﻭﺃﻥ ﻳﺠﻤﻊ ﺑﻴﻦ ﺃﺩاء اﻟﻄﺎﻋﺔ ﻭاﺟﺘﻨﺎﺏ اﻟﻤﻌﺎﺻﻲ، ﻭﻗﻴﻞ: الاﺳﺘﻘﺎﻣﺔ ﺿﺪ اﻻﻋﻮﺟﺎﺝ، ﻭﻫﻲ ﻣﺮﻭﺭ اﻟﻌﺒﺪ ﻓﻲ ﻃﺮﻳﻖ اﻟﻌﺒﻮﺩﻳﺔ ﺑﺈﺭﺷﺎﺩ اﻟﺸﺮﻉ ﻭاﻟﻌﻘﻞ.
الاﺳﺘﻘﺎﻣﺔ: اﻟﻤﺪاﻭﻣﺔ

Istiqamah adalah menggabungkan antara melaksanakan ketaatan dan menjauhi larangan. Ada pula yang mengatakan, istiqamah adalah lawan dari bengkok, yaitu seorang hamba yang melewati jalan peribadatan dengan bimbingan syariat dan akal. Istiqamah itu konsisten. (At Ta’rifaat, Hal. 19)

Wallahu A’lam