Home LAIN-LAIN

Shalat di Masjid atau di Surau?

81
SHARE

Pertanyaan:

Assalamualaikum…

Ustadz, mana yang lebih utama jika didekat rumah ada surau dan ada juga masjid. Jika ke masjid jamaahnya tentu lebih ramai dibandingkan di surau. Kemudian di surau terkadang ada yang azan tapi terkadang tidak.
Kira-kira lebih utama mana dalam memilih sholat berjamaah, apakah di masjid atau di surau? Jika sholat di masjid maka, disurau tidak ada yang meramaikan.

Jawaban Ustadz Farid Numan Hasan Hafizhahullah

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Pahala berjamaah baik yang jamaahnya seratus orang dan jamaahnya hanya berdua tetaplah 27 derajat dibanding shalat sendiri.

Berdasarkan hadits:

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Shalat berjamaah lebih utama dibanding shalat sendiri sebanyak 27 derajat. (HR. Bukhari no. 645)

Ada pun shalat berjamaah walau hanya berdua tetaplah disebut JAMAAH.

Imam Bukhari dalam kitab Shahih-nya, membuat Bab: Itsnan famaa fauqahumaa Al Jama’ah (Dua orang dan lebih adalah jamaah).

Maka, keyakinan jika shalat Jamaahnya sedikit pahalanya juga sedikit, dibanding shalat Jamaah yang lebih banyak adalah keyakinan tidak berdalil dan salah kaprah.

Mungkin, dia menyamakan dengan shalat jenazah, jika yang menyolatkan lebih banyak maka itu lebih baik. Padahal “lebih baik” itu adalah manfaat untuk jenazahnya, ada pun bagi yang shalat sama saja.

Ada pun surau, itu juga masjid yaitu masjid ghairu jaami’ (masjid yang hanya buat shalat 5 waktu tanpa shalat jumat. Surau hanyalah istilah di kita saja, atau langgar. Padahal itu masjid juga yaitu ghairu jaami’.

Wallahu A’lam

Demikian. Wallahu a’lam