Home KONSULTASI SYARIAH

Taat Kepada Suami, Adakah Batasan Syar’i nya?

90
SHARE
Taat Kepada Suami, Adakah Batasan Syar'i nya
Taat Kepada Suami, Adakah Batasan Syar'i nya

Pertanyaan:

Assalaamualaikum

Ustadz, apakah benar setelah menikah semua urusan harus seizin atau dengan ridho suami. Misalnya ketika akan keluar rumah, dll. Apakah ada batasan syar’i nya?

Misalkan suami tidak ridho jika istrinya mengkonsumsi makanan halal tertentu (alasannya mungkin krn kurang ada manfaatnya atau memang suami tidak menyukainya), apakah makanan tersebut menjadi haram bagi si istri?

Jawaban Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah:

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim..

Wajib seorang istri mencari ridha suaminya, setelah ridha Allah Ta’ala. Tapi, suami juga tidak dibenarkan otoriter, memanfaatkan kewajiban ridha itu untuk melarang-larang istri yang sebenarnya BOLEH dalam syariat.

Seperti makan makanan halal yang disukainya. Kecuali itu makanan haram, makruh, atau membahayakan, maka boleh saja suami melarang istrinya dan istri wajib mentaatinya.

Ada pun izin istri kepada suami keluar rumah, juga wajib. Sebagaimana dulu saat dia masih gadis izinnya kepada ayahnya. Saat sudah bersuami maka izinnya kepada suaminya, sebab suami yang bertanggung jawab atas dirinya baik dunia dan akhirat.

Syaikh Muhammad Shalih Al Munajjid Hafizhahullah mengatakan:

يتفق الفقهاء على حرمة خروج الزوجة – لغير ضرورة أو واجب شرعي – بغير إذن زوجها، ويَعُدُّون الزوجة التي تفعل ذلك زوجة ناشزة

Ahli fiqih sepakat haramnya istri keluar rumah tanpa izin suaminya, mereka menilai itu membuat si istri dianggap nusyuz (bangkang), kecuali darurat atau ada kewajiban syar’i.
(Al Islam Su’aal wa Jawaab no. 226665)

Untuk bepergian yang dekat dan telah menjadi rutinitas, seperti ke warung sayur, antar jemput anak sekolah, maka ini izin pertama sudah cukup mewakili izin-izin keesokan harinya. Sebab, sudah hampir dipastikan suami sudah mengetahui dan mengizinkannya.

Demikian. Wallahu A’lam

SHARE
Previous articlePosisi Imam Wanita
Next articleDoa Agar Dagangan Laris