Home KONSULTASI SYARIAH

Hukum Membeli Mobil Sitaan

84
SHARE
Hukum Membeli Mobil Sitaan

Pertanyaan:

Assalamualaikum
Semoga ustadz dan keluarga senantiasa dalam lindungan Allah..aamiin
Ustadz mau nanya tentang Hukum Membeli mobil sitaan, mobil ini STNK nya ada namun BPKBnya tidak ada. Apakah ini boleh membelinya Atau tidak Ustadz
Jazakallahu Khairan Ustadz

Jawaban Ustadz Farid Nu’man Hasan Hafizhahullah

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullah wa Barakatuh

Bismillahirrahmanirrahim

Barang sitaan ada dua macam:

1. Barang sitaan yang dilakukan oleh negara

Yaitu biasanya barang selundupan misalnya, atau hasil korupsi yang merugikan negara. Maka, negara berhak mengambil dan menyitanya, dan itu menjadi milik negara.

Innallaha ya’muru an tu’addul amanaat ilaa ahlihaa – Allah memerintahkan agar amanah diberikan kepada pemiliknya..

Lalu, kalau negara menjualnya maka tidak apa-apa, bebas mereka menyikapinya, baik dijual lelang atau tidak. Jual beli lelang boleh menurut jumhur.

2. Sitaan karena kredit macet.

Seseorang yang tidak tuntas atau tidak mampu membayar kewajiban cicilan sampai beberapa kali .. lalu barangnya disita dan menjadi milik bank atau leasing, walau sebelumnya dia sudah membayar DP dan beberapa kali cicilan .. maka ini tidak boleh, ini zalim.

Sebab dia tidak memiliki apa-apa, barang disita, uang yang dicicil pun hangus, DP juga hangus. Maka, tidak boleh pula kita membeli barang sitaan ini.

Seharusnya .. jika dia tidak mampu membayar, pihak bank beri kesempatan untuk menjualnya lalu melunasi hutangnya ke bank. Atau menyita tapi memberikan kompensasi yang pantas. Tapi faktanya tidak demikian.

Wallahu a’lam